Tuesday, February 16, 2016

Cara Membuat Plate Dengan Mesin Expose

Cara Membuat Plate Expos
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Website Tutorial Membuat Plate Dengan Mesin Expose. Sebelumnya, saya ucapkan salam bagi semua offsett-er semoga pekerjaannya lancar, nyaman, dan tidak jenuh dengan keadaan yang ada. Pastinya banyak staff mesin yang khusus dan sudah berpengalaman membuat plate dengan mesin expose dengan cepat dan lincah. Namun di sini, saya hanya ingin berbagi pengetahuan bagi semua karyawan atau orang yang terjun khusus di mesin expose untuk membuat plate baik untuk percetakan mesin GTO ataupun mesin Toko.

Sharing dimulai gimana cara membuat ukuran pada kalkir di plate, sampai siap saji untuk digunakan mesin Toko atau GTO.
1. Setelah gambar diprint pada kertas kalkir, kita periksa tiap objek pada kalkir baik objek tersebut berupa huruf, angka, terutama image. Bila huruf itu kecil kira-kira ukuran 14 ke bawah, begitu pula ukuran image pada kalkir tersebut kecil bila langsung kita buat ukurannya kalkir itu untuk ditempelkan pada plate. 
Tapi bila ukuran objek pada kalkir tersebut besar, setahu saya huruf berukuran 16 ketas (bold) begitu pula image nya besar maka objek tersebut harus disemprot dulu dengan cairan khusus, gunanya supaya image menjadi lebih tebal dan saat peng-exposa-an tidak gagal. Nah, ciri image tersebut harus disemprot dengan cairan, bisa dilihat apakah image tersebut pecah atau tidak. Kalao pecah berarti harus donk disemprot.

2. Kita tentukan format dari design dari berada disebelah mana, apakah sebelah atas, atau samping kanan. Bila format tersebut ada di atas kalkir maka, ketika kita gabungkan kalkir dengan plate, maka ukuran ujung plate ke ujung bagian atas harus 4 cm. Sedangkan bagian samping kanan dan kirinya harus center artinya harus ada pada ukuran yang sama ukuran sebelahkanan dan kirinya.

3. Sudahkah kita letakkan kalkir di atas plate pada posisi sesuai point 2, bahwa bagian atas harus 4 cm sedangkan sampingnya harus center, maka kita rapeut dengan solasi (ex) pada bagian bagian kalkir dan atasnya sehingga bisa mengunci dengan plate. Biasanya pengukuran 4 cm dan center bagi pemula akan membutuhkan waktu agak lama, karena membutuhkan ketelitian dan keakuratan. Tapi kalo udah 2 bulanan pasti lancar dan bisa menciptakan suatu tehnik supaya cepat dapat membuata ukuran kalkir dan plate.

4. Sudahkan ditempel antara kalkir dengan plate, selanjutnya masukan plate pada mesin expose dan disimpan di bawah kaca. Nyalakan tombol power mesin expose, dan jangan lupa untuk mengunci plate yang dimasukan tadi dengan menahan kunci di sampingan kanan expose. Hati-hati jangan sampai ga terkunci karena bisa menggagalkan peng-plate-an. 

5. Tekan tombol vacum pada mesin expose, gunanya untuk menge-press plate oleh mesin expose  bisa ada dalam hitungan 35 detik, setelah beres proses vacum maka mesin expose akan otomatis ke proses plate (cirinya tombol plate menjadi aktif) biasanya proses ada pada waktu 90 detik.

6. Setelah beres  porses plate, silah ambil plate dan hilangkan solasi dari kedua sisi tadi. Untuk kalkirnya silahkan disimpan, sedangkan plate dibawah ke proses pencucian. Dimana, simpan plate pada wadah (misalnya dari aluminium) dengan ukuran yang memadai, alirkan air yang sudah diberi obat khusus (namanya, ..... lupa) secukup. Terus wadah dari aluminium di goyang-goyang kekiri-kekanan sehingga air obat itu pun mengalir ke kanan - kiri mengikuti goyangan tangan kita sampai gambar dari objek tersebut terlihat jelas.

7. Objek sudah jelas, silahkan plate untuk dicuci.dengan air biasa sambil di gosok-gosok perlahan sampai hilang kelunakannya.

8. Bila plate tersebut bakal digunakan besok harinya, makan silah oleskan obat GOM gunanya untuk melindungai plate dari kotoran. Karena kotoran ini yang menempel pada plate bila di GOM akan menyusahkan operator mesin Toko untuk ber operasi. Berikut saya kasih sample plate yang sudah beres:













Sekian dulu tip offset dari saya Salam blogger
Previous Post
Next Post