Friday, March 3, 2017

Cara Mengubah Ukuran Template Pada Blog

Salam blogger. by Hendi Cahyadi

Begitu banyak template blog yang bisa kita gunakan dengan bebas mulai dari yang gratisan sampai yang premium. Namun betapa bagusnya template yang kita pilih dan gunakan, pasti ukurannya tidak akan sesuai dengan keinginan dan tujuan dibuatnya blog tersebut. Apalagi ketika blog sudah diterima 100% oleh pihak Adsense.

Kita akan terpacu terdorong untuk semakin aktif dan rajinnya membuat posting dan menempatkan iklan-iklan dari Adsensi di blog. Hal ini tiada lain, karena ingin segera mendapatkan penghasilan dari Adsense hanya dengan membuat banyak posting. Namun, sobat ketika iklan telah terpasang di blog selain rasa senang menghampiri mata kita, masalah juga mulai muncul. Rekomendasi ukuran iklan yang diberikan oleh Adsense ternyata tidak tepat dengan ukuran template kita, sehingga muncul perasaan ingin mengubah berbagai ukuran supaya letak dari iklan tersebut tidak tumpang tindih dengan iklan atau komponen blog. Karena apabila terdapat iklan yang tumpang tindah itu akan mendapatkan peringatan dari google.


Nah, saya berani saat ini untuk menjelaskan bagaimana cara mengatur ukuran template di blog. Namun ukuran ini hanya sebatas konten yang sudah saya praktekkan. Karena kalau hal-hal lainnya sudah banyak di google dijelaskan. Namun, sebelum Anda mengubah ukuran tersebut, ada baiknya Anda mengetahui komponen dari blog, yaitu :
1> Cara mengatur ukuran sidebar di blog. Ukuran 30%  ini telah tepat dengan iklan adsense yang berukuran 300 x 250, cara pengaturannya terdapat pada bagian kode seperti berikut :

]]></b:skin>
<style type='text/css'>
#main-wrapper{width:70%;padding:5px}
#sidebar-wrapper{width:30%;padding:10px 0}
.post-body h1{font-size:180%}


2> Cara mengatur ukuran main di blog. Bila anda ingin menempatkan iklan Adsense dengan ukuran max 728 x 90 di main atau tengah postingan blog maka silahkan ganti mainnya dengan ukuran 70%. Pengaturan terdapat pada bagian kode seperti berikut :

]]></b:skin>
<style type='text/css'>
#main-wrapper{width:70%;padding:5px}
#sidebar-wrapper{width:30%;padding:10px 0}
.post-body h1{font-size:180%}

3> Cara mengatur outer di blog. Ubah ukuran ke 1030px, untuk menampung dari pada ukuran main 70% dan sidebar 30% di atas, sehingga komponen blog tidak tumpang tindih. Karena kalau ukuran outer ini tidak mencukupi untuk kedua ukuran diatas main dan sidebar, maka letak sidebar akan bergesar ke bawah tidak pada posisinya. Pengaturannya terdapat pada bagian kode seperti berikut :
/* Outer-Wrapper
----------------------------------------------- */
#outer-wrapper {
width:1030px;
margin:0 auto;
padding:0;
text-align:left;
font:normal normal 11px Verdana, Geneva, sans-serif;
border-left: 1px solid #E2E2E2;
border-right: 1px solid #E2E2E2;



Rekomanded. Kepada para blogger, ukuran diatas merupakan ukuran yang telah sesuai dengan penempatan iklan Adsense. Artinya antara ukuran iklan dengan ukuran komponen blog telah sesuai dan tidak tumpang tindih. Itulah tutorial pribadi yang telah saya praktekkan.

Previous Post
Next Post

0 komentar: