Monday, May 8, 2017

Kemendag Akan Keluarkan Peraturan Tentang Harga Bawang Putih, Dalam 2 Hari

Setelah 2 menit dari okezone, tentang Kemendag akan mengeluarkan peraturan tentana Harga Bawag Putih. Inilah isi beritu tersebut :

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam dua hari ini akan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk menstabilkan harga bawang putih yang ada di pasaran. Permendag ini akan mengatur para importir bawang putih wajib melaporkan data stok yang dimiliki melalui impor.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan selain melaporkan data stok, importir juga diwajibkan mendaftarkan gudang yang dimilikinya serta distribusi yang akan dilakukan


"Siapa pelaku impornya, apa kewajibannya, nanti diatur di Permendag itu. Sehingga kami tahu, gudangnya harus didaftarkan, kalau enggak, nanti dianggap penimbunan, stok dilaporkan, distribusi dilaporkan. Selama ini kan enggak, bebas, enggak ada aturan. Kami jadi enggak tahu siapa pemainnya (importir), besarannya berapa, kami enggak tahu," ungkapnya di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Menurutnya, Permendag ini salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah untuk menekan harga bawang putih agar kembali murah di kisaran Rp30.000 di tingkat konsumen dan juga menghindari para importir yang menimbun stoknya. Dalam Permendag ini tak akan ada pengaturan kuota, semua importir tetap bisa melalukan impor setelah mendapatkan perizinan.

"Upaya kami, supaya bisa kembali normal. Kami enggak atur kuotanya," jelasnya.

Sementara itu, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh para importir yakni harus memenuhi Peraturan Kementerian Pertanian (Permentan) yang bersinergi dengan P

ermendag. Di Permentan diatur, importir wajib memiliki lahan untuk ditanami bawang putih seluas 5% dari kapasitas impor tahunannya.

"Misalnya kapasitas mereka 100 ribu ton, maka 5%, berarti 5 ribu ton yang harus ditanam," tukasnya.
(rzy)
My center site
Previous Post
Next Post

0 komentar: