Tuesday, May 9, 2017

Presiden Terpilih Korsel Akan Langsung Bertugas Setelah Dilantik

SEOUL - Hasil perhitungan exit poll menunjukkan calon presiden (capres) Korea Selatan (Korsel) dari Partai Demokrat Liberal, Moon Jae-in unggul telak dari lawan-lawannya. Rencananya, Presiden Korsel terpilih nantinya akan langsung dilantik pada Rabu 10 Mei 2017.

Setelah Komisi Pemilihan Umum Korsel atau National Election Commission (NEC) mengumumkan sang pemenang secara resmi, presiden terpilih akan langsung dilantik dan bertugas. Bebeda dengan presiden-presiden sebelumnya yang tak langsung bertugas, Presiden Korsel ke-19 nantinya akan langsung berkantor di Gedung Biru.


Sebagaimana diketahui, gelaran pemilu Korsel kali ini diselenggarakan karena keadaan darurat akibat skandal korupsi yang menjerat Mantan Presiden Park Geun-hye hinggamembuatnya dimakzulkan. Akibat dari situasi ini, Presiden terpilih versi exit poll, Moon Jae-in diharuskan untuk segera menyusun jajaran kabinetnya.

Sebagaimana disitat dari Yonhap, Rabu (10/5/2017) kemungkinan besar, Moon akan mengisi deretan kabinetnya dengan tokoh terdekat atau aliansi partainya. Moon akan mengawali tugasnya sebagai Presiden Korsel dengan menunjuk staf senior dan sekertaris negara.


Berdasarkan hasil exit poll yang menunjukkan keunggulannya, Moon telah berbicara di hadapan publik.


"Kita harus mengumpulkan kekuatan untuk mengatasi semua kesulitan di masyarakat kita dan mencapai sebuah reformasi besar," ujar Moon dalam pidato klaim kemenangannya.


Namun, hingga berita ini diturunkan, pria berusia 64 tahun itu masih menunggu konfirmasi NEC atas kemenangannya
Previous Post
Next Post

0 komentar: