Saturday, May 27, 2017

Proses Pengunduran Diri Ahok Berjalan Mulus : Ketua DPRD DKI Yakin

Jakarta - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia mengaku menghargai keputusan yang diambil oleh Ahok itu.

"Saya sudah pegang surat tembusan pengunduran diri dari Ahok. Surat tersebut sudah saya terima sejak Selasa tanggal 23 Mei 2017. Saya menghargai apapun keputusan beliau," kata Prasetio dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/5/2017).

"Saya kira itu yang terbaik bagi warga Jakarta dan bangsa Indonesia," lanjut dia.

Untuk itu, DPRD DKI akan segera menggelar rapat paripurna yang membahas pemberhentian Ahok. Paripurna ini akan dilakukan tepatnya pada Selasa (30/5) pekan depan.

"Untuk selanjutnya, surat tersebut akan kita paripurnakan secepatnya, yakni pekan depan," tutur Prasetio.

Politikus PDI Perjuangan ini menerangkan bahwa mekanisme pengunduran diri Ahok sama seperti saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mundur dari kursi DKI 1 karena memenangkan Pilpres 2014 lalu. Pada waktu itu pengunduran diri Jokowi disampaikan dalam rapat paripurna DPRD DKI.

"Mekanisme pengunduran dirinya sama seperti Jokowi yang mundur karena memenangi Pilpres 2014 lalu, waktu itu pengunduran diri Jokowi disampaikan dalam rapat paripurna DPRD," terangnya."Cuma kan kalau Ahok sekarang karena menjalani masa penahanan. Sehingga ia tidak bisa menyampaikan pengundurannya sendiri," sambung Prasetio.

Karena itu, ia akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Ini terkait apakah Ahok harus menyampaikan pengunduran dirinya sendiri atau bisa diwakilkan.

"Kita ingin semuanya berjalan sesuai aturan perundang-undangan," sebut Prasetio.

Setelah mendapat balasan dari Mendagri, kemudian akan dilakukan rapat pimpinan dewan. Hasil ini lah yang akan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Bila nanti Mendagri mengizinkan pembacaan surat pengunduran diri Ahok diwakilkan, maka rapat paripurna akan digelar. Nanti, hasil paripurnanya akan kita sampaikan ke Presiden lewat Menteri Dalam Negeri," kata dia.

Setelah pembacaan surat pengunduran diri, Ahok pun bisa turun dari jabatan gubernur DKI. Dia berharap usulan pengunduran diri ini bisa berjalan dengan baik.

"Saya kira seluruh anggota dewan juga menghargai keputusan Ahok dan proses pengunduran diri ini akan berjalan mulus," tutur Prasetio.
Sebelumnya, Pimpinan DPRD DKI Jakarta M Taufik mengatakan akan segera mengusulkan pengangkatan Plt Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat menjadi gubernur DKI ke presiden, setelah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengundurkan diri. Rencananya, Selasa (30/5) pada pukul 10.00 WIB akan dilakukan paripurna istimewa atas pemberhentian Ahok.

"Kami berpikir kita Senin (29/5) Bamus, Selasa kita lakukan paripurna," ungkap Taufik. 


My center site
Previous Post
Next Post

0 komentar: