Thursday, May 11, 2017

Santunan untuk Korban Kecelakaan Naik 100%, Mulai 1 Juni 2017

JAKARTA - Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu telah menerbitkan aturan baru yang mengatur kenaikan santunan kecelakaan dari PT Jasa Raharja (Persero) hingga 100% atau dua kali lipat

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 Tahun 2017 tentang Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai atau Danau, Feri atau Penyeberangan, Laut, dan Udara, serta PMK Nomor 316 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah akan menerapkan ketentuan ini pada 1 Juni 2017. Dirinya juga memberi apresiasi kepada Jasa Raharja yang telah merespons cepat peraturan tersebut dengan berupaya memperbaiki manajemen dan keuangan perusahaannya untuk bisa memberikan tambahan santunan untuk korban kecelakaan menjelang mudik Lebaran yang akan datang sebulan lagi.

"(Pada) 1 Juni 2017 itu hampir sebulan sebelum Idul Fitri, itu merupakan puncak dari perjalanan ke mana-mana. Hal-hal yang tidak dikehendaki yakni kecelakaan bisa saja terjadi, tapi pada saat yang sama Jasa Raharja sudah bisa menyiapkan dirinya," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementeriam Keuangan, Jakarta, Jumat (12/5/2017)

Nantinya, pada ketentuan yang akan berlaku pada Juni 2017, santunan untuk korban kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia naik menjadi Rp50 juta, sementara untuk korban cacat juga naik menjadi Rp50 juta. Sementara perawatan untuk korban luka-luka juga naik menjadi Rp20 juta.

Dalam peraturan ini ada sebuah santunan baru di mana ada penggantian biaya P3K sebesar Rp1 juta, biaya ambulans Rp500 ribu, serta biaya penguburan naik menjadi Rp4 juta.

"Untuk angkutan udara tidak banyak yang berubah karena dari santunan meninggal dunia, cacat tetap, biaya perawatan luka-luka, dan penguburan jumlahnya sebelum perubahan PMK sudah sama," kata Sri Mulyani.

My center site
Previous Post
Next Post

0 komentar: