Friday, May 12, 2017

Sri Mulyani: Jangan Sampai Tingkatkan Angka Kecelakaan, Karena Santunan Jasa Raharja Naik

JAKARTA - Kementerian Keuangan beberapa waktu lalu telah menerbitkan aturan baru yang mengatur kenaikan santunan kecelakaan dari PT Jasa Raharja (Persero) hingga 100% atau dua kali lipat.

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 Tahun 2017 tentang Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai atau Danau, Feri atau Penyeberangan, Laut, dan Udara, serta PMK Nomor 316 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati berharap dengan kenaikan santunan ini, bukan malah menjadikan angka kecelakaan menjadi bertambah. Pasalnya, saat ini jumlah angka kecelakaan sudah menurun.

"Tentu kita mengharapkan dari kenaikan santunan ini tidak menimbulkan moral Hazard. Karena jumlah probabilitas kecelakaan hingga saat kini sudah mulai menurun," ujar Sri Mulyani dalam acara 'Sosialisasi Kenaikan Besaran Santunan Korban Kecelakaan Penumpang Umum dan Korban Kecelakan Lalu Lintas Jalan' di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Menurut Sri Mulyani, jaminan yang paling penting dan utama adalah jaminan keselamatan diri sendiri. Oleh karena itu, peningkatan angka santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas menjadi sangat penting. 


My center site
Previous Post
Next Post

0 komentar: