Saturday, May 27, 2017

Tips Jitu Merawat Kolam Renang di Rumah

Memiliki kolam renang pribadi di rumah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Kapan pun ingin berenang, entah pagi, siang, sore, atau malam, Anda tinggal menceburkan diri. Selain menyenangkan, tentu ada juga konsekuensi memiliki kolam renang pribadi, antara lain perawatan dan pemeliharaan kolam renang.

Perawatan kolam renang yang tidak tepat dapat membuat air menjadi keruh, mata gatal, muncul bau klorin yang menyengat, perubahan warna air kolam renang, hingga kemungkinan penyebaran penyakit menular melalui air. Karenanya, kolam harus dibersihkan secara teratur, meskipun penggunaannya hanya terbatas untuk keluarga.

Kebanyakan kolam renang berada di tempat terbuka, sehingga saat hujan, air pun ikut mengisi kolam. Tak hanya itu, serangga, sisa dedaunan, dan bahan organik lain, juga bisa masuk ke kolam dan dapat membusuk. Beberapa penyakit yang ditularkan melalui air, seperti tipus, kolera, disentri amuba, dapat menyebar melalui air kolam. Hal-hal semacam ini dapat dikurangi dengan perawatan yang tepat untuk kolam Anda.


Bagaimana merawat kolam renang Anda?
Perawatan seminggu dua kali:
- Tingkat pH (ukuran keasaman atau alkalinitas) perlu dicek dua kali seminggu, di mana pH air kolam harus sedikit basa. Tingkat pH yang salah dapat menyebabkan kerusakan kolam dan peralatan kolam.
- Bersihkan kolam dari bakteri dan ganggang agar tak berkembang biak. Pembersihan dapat dengan menggunakan klorin dalam bentuk tablet.
- Segala benda yang masuk ke dalam kolam, seperti daun, serangga, dan lain-lain, dapat dibersihkan menggunakan jaring. Lantai dan dinding kolam renang juga harus dibersihkan.

Perawatan seminggu satu kali :
- Bila air keruh, atasi dengan menambahkan clarifier ke air.
- Di pagi hari, kolam sebaiknya diberi algaecide seminggu sekali untuk menghancurkan ganggang, tanpa merusak ubin kolam.
- Tambahkan bahan kimia yang mampu menghilangkan partikel logam dari air.

Perawatan bulanan
- Tingkat alkalinitas yang tepat akan mencegah perubahan mendadak dalam tingkat pH air kolam.
- Periksa kalsium untuk menghindari korosi.

Bila Anda ingin menghemat biaya perawatan, dapat menggunakan penutup kolam renang yang mencegah benda-benda masuk ke kolam.
Previous Post
Next Post

0 komentar: