Monday, May 8, 2017

Viral, Foto Jonan Bersama Perempuan Berjilbab Syar'i

Setelah 7 menit dari situs okezone, terdapat tulisan tentang berita Jonan. Isinya berita tersebut seperti ini.

JAKARTA - Hari ini beredar luas di media sosial foto Menteri ESDM Ignasius Jonan dengan seorang perempuan cantik mengenakan jilbab panjang (jilbab syar'i) berwarna hitam.  

Awalnya foto itu  di-posting di akun Facebook @IgnasiusJonan.Id pada Minggu, 7 Mei 2017 pagi. Hingga Senin (8/5/2017) petang, foto itu sudah meraup 917.704  viewers, 25 ribu lebih likes, lebih dari 2.100 shares, dan lebih dari 1.200 komentar.


Foto itu juga menyebar luas di Twitter dan grup-grup Whatsap. Siapa perempuan berjilbab  syar'i hitam itu?

Tidak perlu repot menebak-nebak. Pada teks foto di akun FB itu, Jonan mencantumkan keterangan:


"Bersama adik ipar saya Desi Fatmawati, istri adik nomor dua saya Muhammad Yusuf. Keberagaman dan kebhinekaan adalah sebuah keniscayaan di bumi Nusantara."

Sontak foto itu mengundang komentar  beragam. Umumnya surprise karena ternyata Jonan yang memeluk Katolik memiliki adik beragama Islam, dengan seorang istri berbusana muslim syar'i. 

Banyak juga komentar yang mengungkapkan bahwa ada kesamaan keluarga Jonan dan keluarga mereka.
Foto itu diambil di Surabaya, Sabtu, 6 Mei 2017 malam. Jonan berada di Surabaya dalam rangka  peresmian  jaringan gas untuk perumahan di Rusun Penjaringan Sari, Surabaya, Minggu, 7 Mei 2017 pagi. Karena masih ada waktu, Jonan mampir ke rumah adiknya.

Menurut Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M Djuraid, Jonan adalah anak sulung dengan lima saudara. Muhammad Yusuf adalah adik kedua Jonan. 

Foto itu menggambarkan kebhinekaan dan toleransi di keluarga Ignasius Jonan. Jonan yang memiliki tiga adik laki-laki dan dua adik perempuan. Tiga adiknya memeluk Katolik, satu memeluk Hindu, dan satu orang Muslim.

Keluarganya juga punya dua anak angkat, satu beragama Katolik satu Muslim.

Foto itu menjadi viral karena pesannya sangat kuat dan relevan, yaitu kebhinekaan dan toleransi adalah sebuah keniscayaan di bumi Nusantara. "Bahwa perbedaan dan keberagaman tidak menghalangi kita untuk hidup rukun, akur, bersatu, harmonis, dan penuh kebersamaan," jelas Hadi.

Seusai peresmian jaringan gas perumahan bersama Walikota Tri Rismaharini, Minggu siang, Jonan kembali mampir ke rumah adiknya untuk makan siang, sebelum kembali ke Jakarta.
Previous Post
Next Post

0 komentar: