Saturday, June 10, 2017

Menelusuri Rekam Jejak Perjuangan Julia Perez Melawan Kanker Serviks

Artis peran yang juga penyanyi dangdut Julia Perez alias Jupe meninggal dunia dalam usia 36 tahun.
Wanita bernama lahir Julia Rahmawati itu tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).

Pedangdut yang dikenal namanya berkat lagu "Belah Duren" itu meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker serviks yang diderita sejak November 2014 lalu.

Sebelum tutup usia, kondisi kesehatan Jupe mulai menurun setelah tiga tahun mengidap kanker serviks, tepatnya pada 19 April 2017.

Pada saat itu Jupe harus menggunakan selang sebagai medium penghantar nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya dan menjalani cuci darah. Padahal tiga bulan sebelumnya, usai berobat ke Singapura, Jupe sempat dinyatakan sembuh dari kanker. 

Jupe telah berjuang dengan sisa-sisa tenaga dan semangatnya. Namun, Tuhan berkehendak lain, kabar duka kepergiannya memecah keceriaan ketika sang adik Nia Anggia mengunggah foto Jupe yang telah memejamkan mata pada jelang Sabtu siang tadi.

"Innalilahiwainailahirojiun telah berpulang kakak kami tercinta Julia Perez 
Minta doanya ya semua , terimakasih semu atas supportnya selama ini 
I LOVE YOU YULI," tulis Nia melengkapi keterangan foto yang diunggahnya.

Sebelum tutup usia, kondisi Jupe kerap naik turun. Terkadang dia stabil, namun kerap mencemaskan. Bahkan pada Kamis (8/6/2017) lalu Jupe baru saja menjalani operasi pada organ pencernaannya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Nia menjelaskan bahwa Jupe dioperasi karena organ pencernaannya diduga lengket sebagai efek radiasi untuk pengobatan kankernya.

Operasi ini bukan yang kali pertama bagi si pelantun "Aku Rapopo". Dia pernah menjalani operasi pada Jumat (19/5/2017).

Pembawa acara Ruben Onsu (33) mengabarkan hal itu melalui cuplikan video berdurasi 27 detik yang diunggahnya ke akun Instagram-nya, @ruben_onsu.

Pada video itu terlihat Jupe sedang terbaring di tempat tidur rumah sakit dengan wajahnya ditutupi kain merah.

Pada Senin lalu (15/5/2017) di RSCM, pihak keluarga Jupe memberi informasi kepada para wartawan tentang kondisi terkini Jupe.

Diterangkan oleh pihak keluarganya, Jupe telah menjalani pemeriksaan aktivitas otak dengan Electro Encephalo Graphy (EEG) pada 5 Mei 2017. Hasilnya menunjukkan tingkat kesadaran Jupe kurang.

Diterangkan pula, Jupe mengalami pembekuan darah pada kandung kemihnya, sehingga ia sulit buang air kecil.

Selain keluar masuk ruang operasi, Jupe juga kerap membutuhkan cuci darah untuk memperbaiki fungsi ginjalnya yang mengalami kerusakan akibat obat yang ia konsumsi selama ini.

Tiga hari lalu Ruben mengunggah foto formulir permintaan dropping darah dari Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), tempat Jupe dirawat karena menderita penyakit kanker serviks stadium empat.

Di bawah foto itu, suami vokalis Sarwendah Tan atau Wenda itu menambahkan keterangan.
"Dibutuhkan donor darah A+ kondisi badan harus fit, pendonor cewek tidak boleh yang sedang datang bulan," tulis Ruben pada Rabu (7/6/2017).

Ruben menambahkan bahwa darah A+ dibutuhkan segera oleh pemain film Gending Sriwijaya itu.

"URGENT, langsung datang aja ke PMI Senen, alamat : PMI Kramat Senen Jalan Kramat Raya no: 47, Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Jangan lupa tunjukin form ini pada saat di PMI ( Julia Perez). Bantu broadcast," tulis Ruben lagi.

Kini perjuangan Jupe melawan kanker serviks yang dideritanya telah usai. Doa dari sahabat dan keluarga pun dipanjatkan. 

"Selamat Jalan sahabat, terima kasih buat semua kenangan indah kita dan lo harus ingat GW SAYANGLO BANGET," ujar Ruben dalam akun Instagramnya, Sabtu ini.
Previous Post
Next Post

0 komentar: