Thursday, August 3, 2017

Cara Sulap Kabel USB Menjadi 30 Meter

Salam Blogger, by Hendi Cahyadi 
Anda pingin jadi kaya, bisa ko. Atau anda pingin jadi pinter, bisa ko. Nah sekarang apakah pernah anda melihat di borma, atau toko eletro ada kabel usb panjang 30 meter, pasti tidak pernah dan emang tidak akan ada toko yang menjual kabel usb 30 meter. Karena kalau ada, pasti tidak akan terdeteksi hardware yang dihubungkannya.
Penelusuran mudah sekitar blog ini, klik di bawah


Tapi pada kenyataannya ini bertentangan dengan kebutuhan. Modem memerlukan penempatan yang tinggi, tidak terhalang oleh benda, jadi kabelnya pun harus panjang. Lalu bagaimana anda bisa memperpanjang kabel usb tersebut untuk modem??? Oke persiapkan berikut:
1. Kabel UTP (yang warna cokelat muda aja jangan yang biru, harganya 3500, kalu beli saya 30 meter didiskon jadi 32.000)
2. Kabel USB (ingat kabel nya yang hitam, jangan yang biru. Kabel biru usb kurang bersahabat bila dihubungkan dengan UTP/LAN). Nanti potong bagian male dan female nya sekitar 15 Cm.
3. Solasiban
4. Gasolin (buat mengupas kabel)
5. Gunting

Nanti setelah anda coba perpanjang kabel usb, dan simpan tuh modem di atas rumah anda, lihat hasilnya anda tidak akan berkedip sejam. Cek aja pingnya,,,, drastis. Buka situs dewasa juga nggak akan loading.


Set USB pada motherboard PC agar menjadi USB 1.1, jangan USB 2.0. USB 1.1 mempunyai kecepatan maksimum 10Mbps jadi lebih reliable untuk di tarik jarak jauh di bandingkan dengan USB 2.0.

Langkah 1Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat USB extender, yaitu, (1) kabel USB bawaan Wifi, (2) kabel UTP, (3) pipa pvc kecil, (4) rubber tape, dan (5) thermofit / kondom kabel. Jika sulit utk memperoleh thermofit, dapat di akali menggunakan solder dan selotape kabel. 

 


















Langkah 2 - kabel LAN untuk memperpanjang kabel USB



















Langkah 3 - Kelupas kabel LAN / UTP di kedua ujungnya.


















Langkah 4– Potong kabel USB bawaan Wifi dan kelupas ke dua ujungnya agar terlihat kabel di dalamnya.


















Langkah 5 –Perhatikan warna kabel USB, biasanya, ada warna merah, hitam, dan putih, hijau. Merah dan hitam biasanya untuk tegangan daya 5V. Hijau putih biasanya merupakan kabel data USB,



















Langkah 6 – Potong pipa pvc kecil. Masukan pipa pvc kecil ke masing-masing ujung kabel UTP. Satukan kabel-kabel UTP berdasarkan warna seperti tampak pada gambar. Untuk memudahkan, detail penyatuan kabel di tulis pada tabel di bawah.


















Langkah 7 - Lebih dekat dengan pipa PVC yang di masukan ke kabel UTP.

















Perhatikan baik-baik warna kabel yang di satukan menjadi satu, sehingga kita mempunyai "empat" kabel dari delapan kabel UTP, kabel yang dijadikan satu adalah
1. putih oranye – oranye (2 kabel)
2. putih hijau (1 kabel)
3. hijau (1 kabel)
4. putih biru, biru, putih coklat, coklat (4 kabel) 

Langkah 8 – Siapkan kabel UTP untuk di
sambungkan ke kabel USB. Masukan thermofit / kondom kabel ke kabel USB. Perhatikan baik-baik warna kabel UTP yang di siapkan untuk di sambung ke kable USB. Agar jelas, ada baiknya di tulis pada tabel di bawah ini.


UTP
USB
putih oranye – oranye (2 kabel)
merah
putih hijau (1kabel)
putih
hijau (1 kabel)
hijau
putih biru, biru, putih coklat,
coklat (4 kabel)
hitam


Langkah 9 – Pastikan semua kabel telah tersambung dengan baik menggunakan thermofit / kondom kabel.

















 





Langkah 10 – detail kabel yang telah di lapisi oleh thermofit tampak pada gambar.


















Langkah 11 – setelah yakin bahwa sambungan kabel menggunakan thermofit berhasil di lakukan dengan baik. Tutup semuanya menggunakan pipa pvc kecil. Selotape dengan baik semua ujung pipa pvc kecil agar kuat tertutup dan menempel ke kabel USB / UTP.


















Langkah 12 – jika kita menginginkan kabel USB extender yang jauh, tampaknya ada baiknya menggunakan kabel USB repeater sepanjang 5 meter sebelum di injeksikan ke kabel USB extender yang panjangnya bisa mencapai 20 meter.
Previous Post
Next Post

0 komentar: