Thursday, August 31, 2017

Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Salam blogger, by Hendi Cahyadi

ubeersuggests :
Surat pemutusan hubungan kerja
Surat pemutusan hubungan kerjasama antar perusahaan
Surat pemutusan hubungan kerja karena tidak disiplin
Surat pemutusan hubungan kerja karena mangkir
Surat pemutusan hubungan kerja masa percobaan
Surat pemutusan hubungan kerja sama
Surat pemutusan hubungan kerja dalam bahasa inggris
Surat pemutusan hubungan kerja secara tidak hormat
Surat pemutusan hubungan kerja karena pensiun
Surat pemutusan hubungan kerja karena sakit
Surat pemutusan hubungan kerja karyawan
Surat pemutusan hubungan kerja karena efisiensi


Pengertian Pemutusan Hubungan Kerja
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha. Apabila kita mendengar istilah PHK, yang biasa terlintas adalah pemecatan sepihak oleh pihak pengusaha karena kesalahan pekerja. Karenanya, selama ini singkatan ini memiliki konotasi negatif. Padahal, kalau kita tilik definisi di atas yang diambil dari UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, dijelaskan PHK dapat terjadi karena bermacam sebab. Intinya tidak persis sama dengan pengertian dipecat.


Tergantung alasannya, PHK mungkin membutuhkan penetapan Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (LPPHI) mungkin juga tidak. Meski begitu, dalam praktek tidak semua PHK yang butuh penetapan dilaporkan kepada instansi ketenagakerjaan, baik karena tidak perlu ada penetapan, PHK tidak berujung sengketa hukum, atau karena pekerja tidak mengetahui hak mereka.

Sebelum Pengadilan Hubungan Industrial berdiri pada 2006, perselisihan hubungan Industrial masih ditangani pemerintah lewat Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) dan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Daerah (P4D) serta Pengadilan Tata Usaha Negara.
Sebab-sebab Orang di PHK

Terdapat bermacam-masam alasan Pemutusan Hubungan Kerja, dari mulai pekerja mengundurkan diri, tidak lulus masa percobaan hingga perusahaan pailit. Selain itu:
  • Pekerja melakukan kesalahan berat
  • Pekerja melanggar perjanjian kerja, perjanjian kerja bersama, atau peraturan perusahaan
  • Pekerja mengajukan PHK karena pelanggaran pengusaha
  • Pekerja menerima PHK meski bukan karena kesalahannya
  • Pernikahan antar pekerja (jika diatur oleh perusahaan)
  • PHK Massal - karena perusahaan rugi, force majeure, atau melakukan efisiensi.
  • Peleburan, penggabungan, perubahan status
  • Perusahaan pailit
  • Pekerja meninggal dunia
  • Pekerja mangkir 5 hari atau lebih dan telah dipanggil 2 kali secara patut
  • Pekerja sakit berkepanjangan
  • Pekerja memasuki usia pensiun
Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja
Membuat surat PHK sebetulnya cukup mudah, kita hanya perlu memahami saja apa kaidah penulisan yang harus kita tuangkan, dan setelah itu kita hanya membuat kata - kata yang baik dan sopan agar surat yang dibuat sempurna. Untuk lebih memahami seperti apa surat PHK itu, berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa membuat Anda lebih bisa memahami tentang surat PHK. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja
KOP SURAT
Nomor :

Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja
Kepada Yth,
Sdr. Edi Supono
Di Tempat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya efisiensi perusahaan yang mengakibatkan adanya restrukturisasi karyawan, dengan ini PT. melakukan pengurangan sebagian karyawannya untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut. PT. Memecat Karyawan dengan berat hati menyatakan bahwa perusahaan tidak dapat lagi mempekerjakan Sdr. Edi Supono sebagai ................
Dengan demikian maka terhitung mulai hari ini, tanggal 1 bulan Juli tahun 2002, hubungan kerja dengan Sdr. Edi Supono dinyatakan berakhir. Pihak Perusahaan mengucapkan banyak terima kasih atas loyalitas Saudara selama ini dan jika dikemudian hari perkembangan business Perusahaan semakin membaik, maka kesempatan untuk saudara agar bisa bergabung lagi akan selalu terbuka.
Selasa, 1 Juli 2002
PT. ........... ................
Ttd
Manager

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat PHK untuk perusahaan yang sedang mengurangi kuota karyawan. Berikut akan kami berikan contoh lain dari surat pemutusan hubungan kerja.

Contoh Surat Pemecatan Karyawan I

PT. SINAR BARU
Jln. Meuligoe No. 36 Banda Aceh
Telp. (0651) 345675 Fax. 345675
=============================================================

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : 079/PT.SB/PHK/IV/2016

Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Kepada Yth,
Sdr. Agustian
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan hasil evaluasi kinerja saudara selama 6 (enam) bulan terakhir, maka kami menilai tidak ada peningkatan dan perbaikan kinerja dari sisi kedisiplinan dan tanggungjawab pekerjaan. Maka dari itu, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdr. Agustian. Dengan demikian, terhitung mulai tanggal 01 (satu) bulan Juli, tahun 2016 hubungan kerja antara PT. Sinar Baru dengan Sdr. Agustian dinyatakan sudah berakhir. Dan atas nama lembaga, kami menyampaikan banyak terima kasih atas kinerja yang Saudara berikan selama ini.

Demikian surat pemutusan hubungan kerja ini kami sampaikan, dan agar dapat dimaklumi, terima kasih.

Banda Aceh, 27 Juni 2016
PT. Sinar Baru


Abizar
HRD Manager
Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja II
KOP SURAT PERUSAHAAN


SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)
No. 01/PT.LK/PHK/III/2013

Dengan ini,
Diberitahukan bahwa :
Nama : Ali Muhsin
Jabatan : Staff Operasional
Bersama ini diberitahukan kepada Sdr. Ali Muhsin bahwsannya PT. LINA KARANG, Tbk. memutuskan hugungan kerja dengan Anda.
Keputusan ini dibuat setelah menimbang beberapa hal penting, meliputi kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, dan kinerja Anda dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.
Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan pengertian Sdr, disampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Surabaya, 03 Maret 2013
Hormat kami,
PT. LINA KARANG, Tbk.
Dibuat oleh,
Djohar Ahs                                                                                             Randu Ayais
Officer Staff                                                                                           Manager

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat PHK yang menerangkan bahwa pemecatan disebabkan karena dinilai kuang berkontribusi pada perkembangan perusahaan. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pemutusan kerja.

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja Karyawan II

PT. MENTARI SENTOSA
Jln. Bango No. 23 Medan
Telp. (xxxx) 564546 Fax. 564546
=============================================================

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor : 145/PT.MS/PHK/V/2016

Kepada Yth,
Sdri. Melani
Di-Tempat

Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan adanya program efisiensi perusahaan dalam upaya untuk menyeimbangkan biaya operasional perusahaan sesuai dengan jumlah karyawan yang ada, dan dalam hal ini mengakibatkan adanya restrukturisasi kepenguruasan serta penyempitan tenaga kerja, oleh karena itu maka dengan ini PT. MENTARI SENTOSA melakukan pengurangan sebagian karyawan.

Sehubungan dengan hal tersebut, PT. MENTARI SENTOSA memutuskan untuk :

Memberhentikan (pemutusan hubungan kerja) dengan Sdri. Melani.

Dengan demikian, maka terhitung mulai tanggal 1 Bulan Juli Tahun 2016 hubungan kerja dengan Sdri. Melani dinyatakan sudah berakhir.

Atas nama perusahaan kami menyampaikan terima kasih banyak atas loyalitas yang selama ini Sdri. Melani berikan, dan apabila dikemudian hari progres perusahaan semakin membaik, maka kami akan menawarkan kesempatan untuk Saudari Melani kembali bergabung di PT. MENTARI SENTOSA.

Medan, 28 Juni 2016
PT. MENTARI SENTOSA


Sulistiyo
Manager
Contoh surat type lain :
NO. ……………
—————————————————Menimbang————————————————–
Bahwa saudara _______ (Nama Pegawai) tidak masuk kerja tanpa ijin dan alasan yang jelas, tercatat sejak (tanggal) …… ,(Bulan) (Tahun) dan telah dipanggil selama dua kali. Pada surat panggilan yang pertama (Nomor Surat Panggilan) (Tanggal) (Bulan) (Tahun), dan surat Panggilan yang terakhir (Nomor Surat Panggilan), (Tanggal) (Bulan) (Tahun), namun sampai dikeluarkannya surat keputusan ini surat panggilan tersebut di hiraukan (tidak pernah hadir di tempat kerja).
————————————————-Memperhatikan———————————————–
1. Berdasarkan peraturan yang berlaku didalam PT ________ apabila karyawan tidak hadir pada jam kerja minimal 3 hari secara berturut-turut tanpa adanya alasan yang jelas, maka karyawan tersebut akan di keluarkan dari perusahan _____________.
2. Apabila karyawan tidak hadir minimal 3 hari pada waktu jam kerja dengan alasan yang tidak jelas, dan telah menerima surat tetapi ia tidak datang untuk menemui yang bersangkutan sampai dikeluarkannya surat yang tiga ia tidak hadir juga, maka karyawan tersebut dinyatakan telah keluar dari PT ___________.
—————————————————-Memutuskan————————————————
Dengan ini kami mengeluarkan surat pengeluaran karyawan kepada :
N a m a :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tanggal lahir :
Jabatan :
Alamat :
Demikian surat pengeluaran karyawan ini kami keluarkan. Semua hal-hal yang berhubungan dengan Anda tidak lagi menyangkut pada PT ___________.
(Tempat) (Tanggal) (Bulan) (Tahun)
PT__________________
(HRD Manager)
Tembusan Kepada Yth,
1. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab_________________
2. Direktur PT___________________


Previous Post
Next Post

0 komentar: