Tuesday, September 5, 2017

Cara Menambah Suara Bass di Komputer/Laptop

Salam blogger, by Hendi cahyadi
Siapa yang nggak bergoyang kalau denger lagu yang nge-bass, minimal kaki gerak-geraklah apalagi kalo mood lagi baik. Namun kualitas bass sendiri terkadang berasal dari headphone atau speaker yang digunakan. Ada macam-macam kualitas bass yang tersedia, untuk headphone sendiri ada yang ringan banget cuma kaya detupan, sedangkan untuk speaker, seperti sekedar ketukan pintu yang lembut.

Lalu gimana dong, supaya lebih nge-bass dikit supaya sensasi musiknya lebih menusuk. Salah satu cara orang yang banyak belum tahu adalah mengaktifkan pengaturan enhancement "Bass Boss" pada PC.

Berikut Langkah Untuk Membuat Suara Bass Komputer Kamu Jadi Lebih Nendang:

1. Klik kanan ikon speaker pada Notifiaction Area (pojok kanan bawah task bar)Lokasi icon speaker

playback devices menu

Klik Playback Devices.

Setelah itu muncul kotak hardware output audio PC-mu. Ada yang dua atau lebih. Klik pada tanda tulisan Default Device - lalu klik Properties.

Properties playback devices menu




Maka akan terbuka Properties dari device yang kamu pilih - klik tab Enchancements - lalu beri ceklist pada Bass Boost.
Aktivasi bass boost windows

Langkah terakhir ini bersifat opsional jadi bila bass dirasa sudah lumayan setelah mengaktifkan Bass Boost maka lewati saja langkah ini. Caranya klik "Bass Boost" - lalu klik Settings
masukkan deskripsi gambar disini

Mainkan kreatifitas pengaturan Bassmu sendiri, karena setiap device berbeda-beda. Sebenarnya pengaturan pada Equalizer juga mempengaruhi output suara bass yang dihasilkan, namun banyak kasus Equalizer sendiri malah seakan "mengacaukan" suara yang dihasilkan dari file musik. Misal musik Rock, suara gitarnya jadi kedengeran cempreng atau nggak enak di telinga. Namun hal tersebut relatif tergantung dari speaker atau headphone yang digunakan.

Oke supaya kamu tidak pusing dengan pemilihan ukuran suara bass yang begitu banyak, tidak percaya coba lihat gambar dibawah ini, pilihan dari surat bass nya antara frequency dan level bass :


Tentu piusing bukan, gue harus pilih mana ya. Klo kah salah pilihan, artinya pilihan kamu tidak seimbang antra frequency dan boost level, maka effectnya bukannya suara tambah bagus, tapi suara malah lebih jelek daripada pengaturan default. Nah maka daripada itu, saya berikan ukuran pengaturan bass yang diyakin effectnya bagus,
 

Setelah melakukan setting di atas, langsung kamu coba dengerin lagu. Usahakan juga suara-suara dari game, video, dan berbagai media lainnya yang mengeluarkan suara. Nggak jarang kalau waktu dipakai dengerin lagu baik-baik aja tapi di kala nonton film, bass-nya jadi pecah. Cara ini disarankan untuk kamu lakukan lagi di kala mengganti speaker atau headphone lain, tentu supaya lebih pas bass-nya.

Thnks for you


Previous Post
Next Post

0 komentar: