Thursday, September 7, 2017

Cara Mencari Keyword SEO Yang Tepat di Google

Cara Mencari Keyword SEO Yang Tepat di Google (Kata Kunci) 
Salam blogger, by Hendi Cahyadi – Sebelum saya menjelaskan hal-hal teknis tentang cara riset keyword, saya akan sampaikan dulu kenapa riset kata kunci ini sangatlah penting. Jika saat ini Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis online, hal yang mutlak harus Anda lakukan adalah riset keyword. Jika Anda tidak bisa melakukan riset keyword lebih baik anda tidak usah berbisnis online, silahkan berbisnis offline saja.   

Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis online ya, mau anda seorang blogger, pemain affiliate serta pemain olshop baik yang mengunakan Facebook, Instagram, Twitter dll. Karena saya seorang pemain toko online maka saya akan membahas betapa pentingnya riset kata kunci dari kaca mata toko online ( sebenarnya ini berlaku juga untuk jenis bisnis onlien lainnya). 

Jadi sebelum anda membangun bisnis online, riset keyword ini harus benar- benar anda kuasai. Jadi nanti jangan sampai Anda jualan tasbih di depan diskotik dan jangan jualan minuman keras di depan masjid. Jangan jualan teh manis di jawa barat dan jangan jualan teh tawar di jogja. hehe.. Jadi sebenernya tujuan riset keyword adalah untuk mendapatkan market yang tepat. Sampai disini saya yakin Anda sudah paham apa tujuan dari riset keyword. 

Mengenal jenis-jenis Kata Kunci 
Sebelum Anda membaca postingan ini lebih lanjut, sebaiknya  anda pahami dulu beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an. Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah adalah sebagai berikut :
  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman
Sebenarnya ada banyak jenis kata kunci namun saya menyederhanakannya menjadi empat jenis kelompok (Baca : Cara Riset Produk untuk Jualan di Facebook).
Berikut adalah penjelasan lengkapnya: 

1. Short tail keyword 
Short tail keyword adalah kata kunci pendek yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya seperti ini :
  1. Mukena
  2. Sepatu Online
  3. Parfum Original
  4. dll
Jika Anda masih berada di tahaop belajar berbisnis online, saya sarankan Anda tidak mengunakan Keyword jenis ini, karena biasanya tingkat persaingannya sangat tinggi.Kecuali Anda punya teknis SEO yang Dewa. hehe 

2. Long tail keyword 
Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Biasanya terdiri dari tiga kata atau lebih Silahkan lihat contoh berikut ini:
  1. Mukena Katun Jepang
  2. Jasa Foto Produk Jogja
  3. Grosir Batik Seragam Sekolah
  4. dll
Keyword jenis ini lebih direkomendasikan, sebab tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi bahkan cenderung lebih rendah. Tentunya ini akan  memudahkan Anda untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.

Sebagai contoh Anda bisa ketik kata kunci ” Pembicara Internet Marketing ” di google. Cari yang instagram, kebetulan itu adalah milik saya.. hehe. Jadi untuk memulai suatu bisnis Anda tidak harus punya web. Anda bisa mengunakan platform- platform gratisan dulu. 

3. Keyword abadi
Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akandi batasi zama
Contohnya kata kunci berikut ini:
“Model Sepatu Terbaru” 

4. Keyword musiman 
Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer pada saat saat tertentu saja. Contohnya kata kunci berikut ini: 
“Model Gamis Lebaran Tanpa dijelaskan saya yakin Anda sudah perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman. 

Cara Riset Keyword 
Setelah Anda paham jenis jenis keyword dan tujuan riset kata kunci, kita lanjutkan ke tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword Saya akan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggest dan juga Google Keyword Planner.

Sebenarnya kita bisa saja  hanya menggunakan Google Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh sebab itu kita mengunakan bantuan dari Ubersuggest.

Fungsi dari Ubersuggest yaitu adalah untuk menemukan keyword turunan dari keyword utama yang kita target.

Selain Ubbersuggest sebenarnya masih banyak tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:
  1. http://keywordshitter.com
  2. http://keywordtool.io
  3. dll.
Tapi untuk tutorial kali ini kita hanya akan menggunakan Ubbersuggest saja. Sedangkan tugas dari Google Planner sendiri yaitu untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords (cocok bagi Anda yang ingin menghasilkan uang dari Google AdSense).

Bagaimana prosesnya? silakan disimak di bawah ini : 
Langkah Pertama: Mencari keyword Utama. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari  keyword utama yang berhubungan dengan topik blog anda atau sesuai dengan produk yang akan anda jual  Misal pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang parfum ( karena saya akan jualan parfum )

Langkah Kedua: Mencari long tail keyword 
1. Pergi ke http://ubersuggest.org  
2. Masukan kata kunci utama anda.
Masukan Kata Kunci Utama di Ubersuggest
Masukan Kata Kunci Utama di Ubersuggest
  1. Masukan kata kunci. Dalam hal ini contohnya “Parfum“
  2. Pilih bahasa. Dalam hal ini contohnya “Indonesian“
  3. Klik Suggest
3. Setelah itu akan muncul daftar keyword yang berkaitan dengan ‘Parfum”
Hasil Keyword dengan Ubersuggest 

Hasil Keyword dengan Ubersuggest
4. Jika sudah, klik aja “Select All Keywords”
Select All Keywords 
Select All Keywords
5. Klik “Get”
Klik Get untuk sellect semua kata kunci 
Klik Get untuk sellect semua kata kunci
6. Copy semua keyword dan silahkan simpan di komputer dalam bentuk  file .txt
Sellect all keyword
Sellect all keyword

Nah itu tadi adalah cara gratis dan mudah untuk mencari keyword. Langkah-langkah tersebu sesuai dengan pengalaman penulis, tentu saja cara meriset kata kunci satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda tergantung dengan pengalaman dan style orang tersebut.

Tetapi, secara garis besar langkah-langkahnya seperti tersebut. Untuk mencari tahu apakah kata kunci yang kita bidik profitable kita menggunakan tools gratis dari Gooogle yaitu Google adwords Keyword Planner. Untuk tutorialnya akan kita bahas diartikel berikutnya ya.

keywordtool.io memberikan key turunan sebagai berikut :
cara mendapatkan keyword yang bagus
cara mencari keyword
cara mencari keyword yang banyak dicari
cara mencari keyword yang tepat
cara mencari keyword di google
cara mencari keyword turunan
cara mencari keyword terbaik
cara mencari keyword seo
cara membuat keyword di blog
Previous Post
Next Post

0 komentar: