Friday, October 13, 2017

Pengertian Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate Dan Average Time On Site Lengkap

Salam blogger, alfakir Hendi Cahyadi
 Apa Yang Dimaksud Dengan 
Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate 
Dan Average Time On Site?

Jika Anda memiliki website / blog atau berencana untuk berbisnis online, maka beberapa istilah “Traffic / Pengunjung Website” di internet berikut ini sangat perlu Anda pahami. Yang menjadi perbedaan mendasar terdapat pada 3 istilah ini, yaitu : Visitor, Unique Visitor, dan Pageview.

Dimana bahwa jumlah Unique Visitor tidak mungkin melebihi jumlah Visitor, dan jumlah Visitor tidak mungkin bisa melebihi jumlah Pageview dari sebuah blog / website. Jumlah Pageview pasti selalu lebih banyak dari jumlah Visitor, kecil kemungkinan jumlahnya bisa sama, walaupun bisa saja terjadi.

Berikut ini akan saya jelaskan satu per satu 
pengertian Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate Dan Average Time On Site:

1. Visitor
Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka blog / website kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena kebetulan. Statistik ini menunjukkan seluruh jumlah kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang terjadi. Setiap 1 Visitor pasti menghasilkan 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 Visitor tersebut tertarik dengan artikel-artikel lain yang ada di blog kita, maka kemungkinan besar Visitor tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Sebuah website dengan artikel-artikel yang bagus dan bermanfaat pasti membuat Visitor berlama-lama singgah di blog tersebut, sehingga tentu saja menghasilkan banyak Pageview. 

2. Unique Visitor
Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor merupakan indikator penting keberhasilan sebuah website. Semakin tinggi jumlah Unique Visitor, semakin besar pula potensi kesuksesan yang dicapai dari sebuah website. Ini juga berpengaruh bagus pada ranking website (alexa rank). Jadi, Anda sudah mengerti arti Unique Visitors maupun Visitor. Berikutnya adalah tentang Pageview. 

3. Pageview
Apa itu Pageviews di blog? Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh Visitor. Seperti pengertian di atas, 1 Visitor sudah pasti menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 Visitor tersebut membuka 4 artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan berubah menjadi 4, tetapi jumlah Visitor masih tetap sama yaitu 1. Jadi, semakin banyak Visitor, memungkinkan sebuah website / blog mendapatkan banyak Pageview. 

4. Bounce Rate
Pengertian Bounce Rate adalah rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan Pageviews. Artinya antara jumlah Visitor dibagi kunjungan tiap halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini berhubungan dengan sistem perankingan google yang disebut Pagerank. Sebagai contoh jika terdapat Visitor 40 per hari dengan Pageviews 75, maka rumus hitungannya adalah 40/75 = 53,33%. Jadi Bounce Ratenya adalah 53,33%. Pertanyaannya sekarang, manakah yang lebih bagus Bounce Rate tinggi atau rendah?

Jawabannya adalah jelas bagus yang rendah. Karena jika misalnya Pageviews lebih banyak, yaitu kita ubah menjadi 200, maka Bounce Rate menjadi = 20%.

Get more information, click below
Most read, click here


Apakah arti dari angka-angka diatas? Jumlah Visitor 40 orang dengan bukaan halaman sebanyak 75 berarti seorang Visitor membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan ilustrasi kedua, yaitu jumlah Visitor 40 dengan Pageviews 200 berarti rata-rata 1 Visitor membuka 5 artikel.

Kesimpulannya arti Bounce Rate adalah pengunjung yang hanya datang untuk melihat satu halaman di website Anda dan langsung “memantul” (bounce) keluar dari website Anda tersebut. Semakin tinggi nilai Bounce Rate Anda mengindikasikan sebagian besar pengunjung Anda tidak menemukan apa yang mereka cari di Website Anda. Ini tentu saja berhubungan dengan apa yang dibutuhkan dari si pengunjung dan kualitas artikel yang ditawarkan oleh blog tersebut. 

5. Avg. Time On Site
Avg. Time On Site adalah rata-rata waktu yang dihabiskan oleh Visitor saat berada di website Anda. Semakin tinggi durasi Visitor yang singgah di website Anda, maka target sebuah website bisa dikatakan tercapai, karena menyediakan informasi yang berbobot dan relevan dengan apa yang dicari oleh Visitor tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar: