Saturday, December 16, 2017

Penjelasan Tentang Hari Kemerdekaan Terbaru Lengkap

Penjelasan Tentang Hari Kemerdekaan Terbaru Lengkap. Hari Kemerdekaan dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Hari Merdeka merayakan berdirinya Indonesia sebagai negara merdeka.

Sebelum 1945, Indonesia adalah koloni Belanda. Selama periode ini, adalah praktik umum negara-negara Eropa untuk menjajah negara-negara Asia untuk tujuan ekonomi. Ketika Jepang mulai berkembang, para pemimpin Jepang memutuskan untuk mendukung gerakan kemerdekaan di Indonesia untuk mengusir Belanda dari wilayah pengaruhnya.

Soekarno dan Muhammad Hatta berkolaborasi dengan militer Jepang untuk merebut kembali Indonesia dari pemerintah Belanda. Ketika Jepang menyerah ke Amerika Serikat pada tahun 1945, Sukarno dan Hatta khawatir bahwa jendela peluang mereka telah ditutup.

Hari Kemerdekaan 2018 dan 2019


Pada tanggal 17 Agustus 1945, Sukarno mengumumkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Segera setelah pengumuman proklamasi tersebut, Sukarno dan Hatta menggunakan senjata dan peralatan Jepang untuk memberontak melawan pemerintah Belanda di Indonesia. Belanda awalnya diusir dari Jakarta, namun bala bantuan memastikan bahwa pertempuran akan berlanjut sampai tahun 1949.

Karena lelah pertumpahan darah, Perserikatan Bangsa-Bangsa menghalangi ambisi Belanda untuk berperang dengan meminta tindakan diplomatik. Setelah sepuluh minggu perdebatan yang menjemukan, Indonesia diberi kebebasan dan pasukan Belanda mengundurkan diri dari Asia Timur. Pada bulan Agustus 1949, Negara Kesatuan Republik Indonesia didirikan.
Download kalender nasional 2018 full screen PDF, 
klik di bawah :

Perayaan Hari Kemerdekaan adalah salah satu hari libur Indonesia yang paling ramai. Sepanjang hari, orang Indonesia dari segala usia berpartisipasi dalam berbagai kegiatan.

Upacara Pengibaran Bendera: Upacara pengibaran  diadakan di hampir setiap kota besar dan kota-kota di Indonesia pada Hari Kemerdekaan. Upacara pengibaran bendera Indonesia dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia. Setelah bendera naik, sebuah formasi jet tempur terbang melintasinya. Presiden Republik Indonesia kemudian menyampaikan beberapa pesan-pesan tentang kemajuan Indonesia. Pada upacara pengibaran bendera, vokalis berbakat akan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Lagu kebangsaan Indonesia disebut Indonesia Raya. Lagu ini secara orisinil ditulis oleh Wage Rudolf Supratman pada tahun 1928. Indonesia Raya adalah lagu patriotik yang menampilkan semangat Hari Kemerdekaan. Upacara ini disiarkan di jaringan TV di seluruh Indonesia. Orang Indonesia yang tidak mendapat kesempatan menghadiri upacara pengibaran bendera akan sering menonton salah satu siaran ini.

Parade: Ada banyak pawai di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia lainnya pada Hari Kemerdekaan. Pawai ini terdiri dari mobil hias, marching band, dan berbagai organisasi. Marching band sangat terampil dan memainkan lagu-lagu patriotik yang member semangat para penonton. Warna merah dan putih bendera Indonesia digunakan untuk menghias mobil hias dan kostum orang-orang di dalam pawai.

Film Sejarah: Pada Hari Kemerdekaan, banyak bioskop film-film sejarah Indonesia. Salah satu film paling populer adalah “Soekarno”. Film ini bercerita tentang Sukarno dan perannya dalam Revolusi Indonesia. “Tjoet Nja’Dhien” juga merupakan film tentang Kemerdekaan Indonesia yang populer.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

close