Thursday, January 25, 2018

Dunia Surga Bagi Orang Kafir Penjara Bagi Orang Mu'min

Advertisement
Salam blogger, alfakir Hendi Cahyadi
Oh iya sebelum naik mimbar, diumumkan dahulu bahwa nanti malam kamis akan terjadi gerhana total (khusuf), yang insya Allah SWT akan dilaksanakan shalat khusuf berjama'ah di masjid. Namun bagi yang tak mungkin ke masjid, bisa shalat di tempat. Karena hukum shalat khusuf adalah sunnah mu'akkad, artinya Rasulullah tak mengharuskan tapi Rasulullah setiap terjadi gerhana selalu melaksanakan shalat gerhana.

Tak sengaja dengar ceramah di masjid cipacing begitu enak dan perlu digaris bawahi isinya. Mungkin isi ceramah ini biasa aja bagi agan, siapa tahu ada yang merasa penting atas isi ceramah ini. Ini beberapa point penting masih diingat dan langsung diposting pada blog alfakir.

Nama-nama Allah Berjumlah 4.000 nama

Nama-nama Allah SWT ada 4.000 nama yang terdiri dari 1.000 diketahui ada di Allah SWT, 1.000, 1.000 ada di Malaikat, 1.000 ada di Lauh Mahfudz, 300 ada di kitab Taurat, 300 ada di kitab Injil, 300 ada di kitab Zabur, 99 ada dalam Al-Qur'an, 1 nama yang disebut "Ismul A'zham ada di Al-Qur'an tapi hanya Allah SWT yang mengetahui dimana letaknya. Kenapa disembunyikan? Hal ini untuk menimbulkan rasa semangat pada pada orang-orang Islam untuk semangat membaca Al-Qur'an. Gambaran ini tak jauh seperti hari Lailatul Qadar yang hanya disebut terdapat pada tanggal ganjil, tanpa disebutkan tanggal berapanya.

Ma'na yang Terkandung Pada Lafadz Rahman dan Rahim

Lafadz ar-rahman dan ar-rahim. Ada kaidah ushul fiqh "ziadatul bina ziadatul ma'na" yang artinya tambah-tambah adegan tambah juga ma'na. Hal ini terdapat pada kedua lafadz tersebut. Dimana, kara rahman terdiri 5 huruf sedangkan kata rahim terdiri 4 hurufba. Sehingga dari perbedaan jumlah huruf tersebut kata rahman bermakna  nikmat besar di dunia dan di akhirat, dan rahim bermakna nikmat kecil. Dari makna ini, pantas orang kafir pun merasakan atas nikmat besar rahman itu, sedangkan rahim khusus untuk orang mukmin saja. 

Perbandingan Kenikmatan Dunia bagi Kafir dan Mukmin

Ada hadits yang menyatakan bahwa dunia merupakan surganya orang kafir, dan penjaranya orang mukmin. Hadits ini ada hubungan juga dengan isi dari penerangan paragraf di atas. Dengan pernyataan ini, sudah sepantasnya orang-orang kafir lebih sukses dalam hal dunia, memang karena dunia itu surganya bagi orang kafir. Berbeda dengan orang mukmin yang dijadikan surga sebagai penjara, artinya bahwa kehidupan dunia lebih tak mengenakan bagi orang mukmin dibandingkan orang kafir. Kenapa? karena orang kafir begitu bebas mencari duni 24 jam tak ada batasan, tak ada aturan. Berbeda dengan orang mukin yang diartikan dunia sebagai penjara, dimana kehidupakan orang mukmin serba dibatas baga penjara oleh aturan islam, dan jam kerja mencari dunia. Dimana, ketika orang mukmin sedangkan kerja mereka dipanggil  oleh adzan untuk menghadap Allah SWT. Seorang guru sedang mengajar dipanggil adzan untuk meninggalkan sementara kegiatannya, pedagang di warung atau dipasar sedang melayani konsumen dipanggil oleh adzan untuk meninggalkan kegiatan berdagangnya, dan lain-lain.

Nah itu beberapa point penting isi ringkasan dari ceramah jum'at tanggal 26 januari 2018, yang tulisan kalimatnya pastinya berbeda karena hari pemikiran sendiri. Maaf bila adan catatan yang salah tak sama dengan pengatahuan agan-agan.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

close